Sabtu, 23 Januari 2016

BEDA KECETIT DAN SARAF TERJEPIT

LOW BACK PAIN

Banyak ditemui kerancuan antara istilah kecetit dan saraf terjepit. Kecetit adalah masalah nyeri, tegang otot, biasa disebut spasme otot. Kecetit, biasanya jauh lebih mudah disembuhkan.

Posisi kecetit , bisa di punggung, pinggul, bahkan di perut. Kecetit umumnya akibat  berusaha menjangkau benda dengan posisi yang tidak benar. Misal, seorang klien kecetit di perut, sehingga kalau berjalan tegak , otot perut ketarik dan nyeri. Setelah diskusi, baru kami ketahui bahwa ibu tersebut mengambil buku yang jatuh ketika beribadah, tetapi karena terhalang bangku depan maka susah dijangkau, tetapi tetap dipaksakan, akhirnya terjadilah kecetit.

Selain itu, penyebab lain adalah salah posisi duduk, tidur, mengangkat benda, bahkan leher tengeng (nyeri leher) pada beberapa kasus juga masuk kategori kecetit. 
HNP
Bagaimana dengan saraf terjepit ? Kalau saraf terjepit, ini sudah masalah struktural dan mekanikal tubuh. Terjadi di tulang belakang, paling banyak terjadi di punggung bawah (lumbar) maka sering menimbulkan nyeri punggung bawah atau  Low Back Pain. Selain di punggung bawah , juga terjadi di leher (cervical) tetapi kejadiannya jauh lebih kecil dibanding punggung bawah.


Banyak orang bercerita tentang saraf terjepit, tetapi ceritanya kadang kurang tepat. Untuk jelasnya, perhatikan gambar terlampir. Tulang belakang manusia terdiri dari beberapa tulang , dimana antar tulang ada disc atau cakram yang menyambungkannya. Dimulai dari atas ke bawah, yaitu cervical ( leher), torak (punggung atas), lumbar (punggung bawah) dan sacrum (tulang ekor).


Saraf terjepit diakibatkan oleh adanya disk antar tulang belakang yang tertekan sehingga inti dari disk yang seperti gel (agar agar) keluar dan menekan saraf tulang belakang. Istilah untuk kejadian ini biasa disebut HNP (hernia nucleus pulposus). Akibat dari saraf terjepit diduga menyebabkan nyeri punggung. Bukan hanya itu, nyeri bisa menjalar sampai paha, betis dan ujung kaki, jika saraf sciatic juga terjepit. Nyeri ini disebut Sciatica.

SUMBER: http://www.terapinyeri.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar